Jumat, 04 Oktober 2013

Cara Burning CD/R Agar Dapat Menyimpan Data Berulangkali


Pada sekolah-sekolah maupun suatu  instansi, segala bentuk laporan bukan hanya berupa lembaran kertasnya saja (hardcopy) tetapi selalu diminta softcopynya. Seperti yang kita ketahui, Cd merupakan salah satu media penyimpanan termurah saat ini. Kepingan CD ada dua jenis, yaitu CD/R dan CD/RW. CD/R hanya bisa bisa digunakan untuk menyimpan data (burning) satu kali saja. Sementara CD/RW bisa digunakan untuk menyimpan (burning) data berkali-kali seperti layaknya flashdisk. Untuk menyetorkan laporan tentu saja alternative  adalah menggunakan CD/R karena memang selain murah kalau hanya sebuah laporan tentu saja yang praktis untuk sekali pakai.


Namun apa jadinya jika laporannya salah dan harus mengulang lagi untuk menyetorkannya? Tentu saja kesal kenapa tidak pakai CD/RW saja yang bisa dipakai berulang-ulang. Disini yang menjadi bahan pertimbangan bukan hanya masalah harga. Cukup sayang kalau kapasitas ruang besar (sekitar600 s/d 700 mb)  kalau hanya untuk menyimpan satu atau dua file Ms. Word atau Ms. Exel yang memiliki ukuran beberapa kb. Oleh karena itulah trik dibawah ini akan mengulas agar sisa atau cadangan area yang masih kosong tersebut agar tetap dapat dipergunakan untuk mengisi atau menyimpan data.

Berikut langkah-langkahnya;
  • Bukalah program Nero anda, jika belum punya silahkan download disini. kemudian pilih Data kemudian make data CD
  • Pada jendela yang muncul, seperti biasa tambahkan data atau file yang akan disimpan di cd dengan klik tombol Add. Jika telah selesai klik next.
  • Pada tahab selanjutnya beri nama label cd anda kemudian aktifkan atau beri tanda centang pada pilihan allow files to be added later (multisession disc), kemudian klik Burn dan ikuti sampai prosesnya selesai.

Dengan cara ini, anda bisa mem-burning atau membakar CD/R lebih dari satu kali. Sekian dan semoga bermanfaat ….


1 komentar: