Minggu, 01 September 2013

Membuat PDF Menggunakan Ms Word 2007


Kemarin, saat berkunjung ke Sekolah Dasar yang dulu waktu menjadi guru saya pernah dinas disana. Seorang teman yang statusnya masih guru honor menanyakan bagaimana cara membuat file PDF, Katanya seeh, sekarang pendaftaran CPNSnya harus kirim via email dalam bentuk file berformat PDF. Saya sendiri belum tahu banyak tentang info pendaftaran CPNS 2013.

Dalam kesempatan ini yang saya bahas bukan pendaftaran CPNS Tahun 2013, melainkan bagaimana cara membuat file PDF dengan menggunakan Ms Word 2007.

File PDF saat ini banyak sekali digunakan untuk membuat e-book, tutorial, dan bahkan untuk mengumpulkan skripsi versi digital. File PDF banyak digunakan karena lebih aman dari serangan virus dibanding file *.doc atau *.xls yang sering diserang virus. Tetapi malah kadang kita tidak tau bagaimana cara membuat file ini.

Sebenarnya mudah sekali membuat file PDF, bagi teman-teman pengguna Microsoft Office 2007 telah ada add-ins khusus buat penggunanya agar dapat dengan mudah menyimpan file pekerjaannya baik dari Microsoft Word atupun  Microsoft Excel menjadi File PDF,  jadi kita tidak perlu memakai converter lain untuk merubahnya ke bentuk PDF.  Add-ins ini bernama SaveAsPDF&XPS, ukuran file-nya kecil dan  dapat didownload secara gratis di sini.

Cara menginstallnya sebagai berikut :

1. Run file hasil download dari microsoft. Kemudian muncul dialog seperti ini, pilih opsi click here to accept….., dan klik continue. Tunggu sampai proses instalasi selesai.



2. Buka Microsoft Office Word 2007 (atau restart Ms Office Word kalau waktu penginstallan tadi Ms Office Word masih digunakan), kemudian buka file yang akan di convert ke PDF. Convert atau simpan kedalam pdf atau xps dengan cara klik office button – save as – pdf or xps.


 3. Pilih direktory dimana anda akan menyimpan file pdf anda, stelah itu klik tombol publish.
 

4. Buka file pdf anda dengan Adobe Reader ataupun Foxit Reader

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar