Kemarin,
saat berkunjung ke Sekolah Dasar yang dulu waktu menjadi guru saya pernah dinas
disana. Seorang teman yang statusnya masih guru honor menanyakan bagaimana cara
membuat file PDF, Katanya seeh, sekarang pendaftaran CPNSnya harus kirim via email
dalam bentuk file berformat PDF. Saya sendiri belum tahu banyak tentang info
pendaftaran CPNS 2013.
Dalam
kesempatan ini yang saya bahas bukan pendaftaran CPNS Tahun 2013, melainkan
bagaimana cara membuat file PDF dengan menggunakan Ms Word 2007.
File
PDF saat ini banyak sekali digunakan untuk membuat e-book, tutorial, dan bahkan
untuk mengumpulkan skripsi versi digital. File PDF banyak digunakan karena
lebih aman dari serangan virus dibanding file *.doc atau *.xls yang sering
diserang virus. Tetapi malah kadang kita tidak tau bagaimana cara membuat file
ini.
Sebenarnya
mudah sekali membuat file PDF, bagi teman-teman pengguna Microsoft Office 2007
telah ada add-ins khusus buat penggunanya agar dapat dengan mudah menyimpan
file pekerjaannya baik dari Microsoft Word atupun Microsoft Excel menjadi
File PDF, jadi kita tidak perlu memakai
converter lain untuk merubahnya ke bentuk PDF. Add-ins ini bernama SaveAsPDF&XPS, ukuran
file-nya kecil dan dapat didownload
secara gratis di sini.
Cara menginstallnya sebagai berikut :
1. Run file hasil download dari
microsoft. Kemudian muncul dialog seperti ini, pilih opsi click here to
accept….., dan klik continue. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
2. Buka Microsoft Office Word 2007 (atau
restart Ms Office Word kalau waktu penginstallan tadi Ms Office Word masih
digunakan), kemudian buka file yang akan di convert ke PDF. Convert atau simpan
kedalam pdf atau xps dengan cara klik office button – save as – pdf or xps.
3. Pilih direktory dimana anda akan
menyimpan file pdf anda, stelah itu klik tombol publish.
4. Buka file pdf anda dengan Adobe
Reader ataupun Foxit Reader
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar